Skip to main content

Tukang taman atap Semarang | jasa pembuatan taman atap Semarang

 

Tukang taman atap Semarang|jasa pembuatan taman atap Semarang |jasa pembuatan Rof Garden Semarang |jasa tukang Rof Garden Semarang

 

serpihanalam.com


Serpihan alam.com - Seperti yang Anda tahu, saat ini bangunan di perkotaan begitu padat. Mereka yang tinggal di perkotaan sangat sulit menanam tumbuhan. Pasalnya, lahan di sana sangat terbatas. Namun, sebenarnya masih ada cara untuk membuat penghijauan, yakni dengan cara membuat taman atap rumah atau roof garden.

Roof garden merupakan taman diatas atap rumah yang bisa dijadikan salah satu alternatif penghijauan di perkotaan. Sehingga daripada atap Anda kosong dan tak bermanfaat, lebih baik dijadikan taman atap untuk bercocok tanam.

Namun, untuk membuat taman atap juga penuh perhitungan. Soalnya, taman atap tentunya membutuhkan tanah yang begitu banyak. Sehingga, kekuatan atap Anda harus diperkuat sebelum Anda membuat taman atap atau roof garden.

Kalau Anda tidak memperkuat dan asal membuat taman atap roof garden, maka sewaktu-waktu atap Anda bisa runtuh dan hancur. Pastinya Anda tak mau bukan hal ini menimpa Anda.

Oleh karena itu, lebih baik Anda memanggil seorang teknisi atau arsitektur untuk membangun taman diatas rumah. Kalau Anda mencoba membuatnya sendiri, tahapannya begitu panjang dan bisa menyita waktu Anda.







Langkah-Langkah Membuat Taman Atap atau Roof Garden

Berikut tahapan cara membuat roof garden.

Anda harus melapisi atap menggunakan water proofing agar tidak terjadi kebocoran. Pelapisan membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda juga harus membiarkannya kering selama sehari agar lapisan benar-benar kuat.

Tak hanya itu, Anda juga harus menambahkan aci atau pelapisan semen. Proses ini memakan waktu hingga 24 jam.

Kalau sudah ditambahkan aci, Anda harus memberi lapisan tambahan berupa lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextille).

Lalu, Anda bisa memberikan tanah merah dan humus secukupnya. Bagian bawah tanahnya diberi ijuk atau cocopeat dengan ketebalan 10 cm untuk menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah. Usahakan kandungan pH tanah sekitar 5-7.

Lapisan tanah teratas bisa ditanami rumput dan juga tanaman berakar serabut. Sebaiknya, Anda menghindari tanaman yang akarnya menghujam ke tanah seperti palem. Sebagai gantinya, Anda bisa menanam bunga seperti mawar, melati, tapak dara, dan juga bougainville.

Membuat instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersihnya untuk menyiram tanaman, sementara instalasi air kotor untuk sisa pembuangan air ke talang air

Membuat pagar, agar anak-anak yang sedang bermain di atap tidak terjatuh ke bawah.

Struktur roof garden perlu diperhatikan. Yang perlu Anda ingat, atap Anda harus terbuat dari dak beton dengan kemiringan 20-30 derajat. Konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi diameter 8 mm. Sementara ketebalan lantai dak betonnya sekitar 2 cm untuk luas 50 meter persegi

Yuk Menata Taman di Atas Atap Rumah










Memilih tanaman untuk ditanam sebagai taman rooftop tidak boleh sembarangan. Karakter tanaman dan tempat penanamannya perlu dipertimbangkan dengan tepat. Selain itu, perawatan tanaman juga harus diperhatikan. Dekorasi tanaman yang tepat akan menghasilkan taman atap yang indah.

Jika lahan tempat roof garden minimalis (terbatas), maka diperlukan kombinasi dalam pengelompokan tanaman. Pilihlah beberapa jenis tanaman semak berbunga pada sudut tertentu. Setelah itu, tambahkan satu tanaman perdu pada area tertentu untuk menciptakan gradasi ketinggian pada kumpulan tanaman semak tadi. Jadi, taman roof garden terlihat indah.

Berikut ini beberapa desain atap taman yang bisa menjadi inspirasi Anda hari ini.

Nikmati kesegaran udara diatas atap rumah yang dihasi aneka tanaman hijau. Tanaman hias outdoor yang subur dapat menyegarkan mata ketika memandang.

Bagaimana pendapat Anda mengenai desain taman atap dibawah?

Rumah dengan konsep terbuka dengan desain tangga yang menuju atap yang berfungsi sebagai taman.

Atap taman belakang rumah yang menghadirkan suasana asri nan indah. So cool!

Rumah mewah bergaya tropis yang menghadirkan konstruksi roof garden yang menakjubkan. Jika Anda menginginkan konsep rumah go green, model rumah dibawah bisa menjadi pilihan Anda.

Atap rumah kini bisa menjadi tempat nongkrong yang asik bersama teman-teman Anda. Lihatlah contoh taman di atas dak rumah diatas. Arsitek menciptakan halaman dengan memanfaatkan dak cor beton di atap. Dak tersebut di urug tanah dan ditanami rumput gajah. Bangku panjang didesain untuk menjadi tempat santai bersama. Keren, bukan?

jasa terkait

Tukang Rof Garden Surabara

Tukang Rof Garden Semarang

Tukang Rof Garden Gresik

Tukang Rof Garden Sidoarjo

Tukang Rof Garden Banjar Kalimantan

Tukang Rof Garden Bangkalan Madura

Hamparan hijau yang asri dapat dirasakan ketika Anda berada pada taman diatas rumah ini. Tanaman semak bisa dipilih untuk menciptakan kesan rimbun pada atap rumah.

Salah satu contoh roof garden sederhana yang menginspirasi. Taman yang hanya ditanamai satu pohon yang dikelilingi pagar kaca disekitarnya.

Jika Anda mempunyai lahan yang luas, Anda bisa mencontoh desain rooftop garden dibawah. Berkebun di atap rumah menjadi hal yang menyenangkan.

Taman diatas dak yang dibuat indah oleh pemilik rumah. Lantai roof garden minimalis diatas ditanamai jenis rumput gajah mini variegata. Daunnya berwarna hijau dengan motif garis kuning keputihan. Tepi taman ditanami aneka tumbuhan seperti cendrawasi, sansevieria, dan bromelia. Disini kita juga bisa melihat taman dinding yang begitu memesona.

Salah satu contoh pembuatan roof garden dengan landskap yang indah. Anda bisa bersantai bersama keluarga di area ini. Hamparan hijau rumput taman gajah mini yang dihiasi dengan batu pijakan berbentuk persegi. Di salah satu sudut terdapat aneka tanaman yang tumbuh subur.

Memilih Jenis Tanaman Yang Tepat Untuk Roof Garden

Membuat atap taman memang tak segampang membuat taman biasa. Diperlukan obeservasi untuk mengetahui kualitas atap rumah, penyiapan lahan sampai pemilihan jenis tanaman.

Alih-alih membuat desain roof garden yang cantik, jangan sampai atap rumah hancur akibat pertumbuhan tanaman yang tak terkendali. Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa hal penting untuk Anda perhatikan dalam memilih tanaman untuk taman atap.

Pilihlah jenis tanaman atap yang tahan terhadap sinar matahari langsung

Hindari memilih tanaman berakar yang menghujam ke bawah seperti pohon palem. Anda bisa memilih tanaman yang memiliki akar menyebar dan pertumbuhannya lambat. Contohnya pohon pagoda.

Anda bisa memilih tanaman yang memiliki percabangan yang banyak sehingga menciptakan kesan rimbun. Contohnya pohon kamboja.

Karena tanaman diatas atap terkena sinar matahari secara langsung dan tiupan angin yang lebih kencang, maka penyiraman harus dilakukan secara berkala.

Jenis Tanaman Roof Garden Yang Populer






Tanaman berbatang lunak

Keuntungan memilih tanaman berbatang lunak adalah selain pertumbuhannya relatif lambat, Anda juga bisa mengkreasikan batangnya sehinga mempunyai pola dan desain tertentu. Selain itu, jenis tanaman ini tidak akan membahayakan kualitas atap rumah Anda. Contoh tanaman berbatang lunak adalah lili paris, aracea, pandan kuning dan rulea.

Tanaman berbatang keras

Keuntungan memilih jenis tanaman ini adalah tahan terhadap sinar matahari langsung dan curah hujan yang tinggi. Selain itu, tanaman berbatang keras juga tidak memerlukan air banyak sehingga mudah dalam perawatannya. Contohnya adalah belimbing wuluh, cermai, kamboja, bougainville dan jeruk.

Tanaman berbunga

Bunga yang mekar cantik dan wangi dapat menghadirkan suasana nyaman di roof garden. Beberapa contoh tanaman yang rajin berbunga diantaranya, melati, anggrek, kembang sepatu dan mawar.

Nah, bagaimana, apakah Anda tertarik membuat taman atap atau roof garden di rumah Anda? Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar